RSS

WISATA PASURUAN (1); Pesona Alam Nongkojajar -Tutur

Desa Wonosari atau yang lebih dikenal dengan nama " Nongkojajar " terletak di Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Kawasan Nongkojajar ini terletak di kaki Gunung Bromo dan merupakan salah satu pintu gerbang yang dilalui ketika kita hendak menuju ke Gunung Bromo. Desa Nongkojajar memiliki berbagai macam keunikan serta potensi keindahan alam asli khas daerah pegunungan yang tak akan jenuh untuk dinikmati. Perkebunan berbagai macam buah (seperti apel, salak, durian, buah naga, strowberri, jeruk, mangga, apukat, nangka, golden melon, klengkeng pingpong dan lain-lain), aneka bunga krisan, paprika, mawar potong, bunga hias, sayur mayur, peternakan sapi perah, kelinciserta kambing dan juga hamparan kebun kopi jenis robusta merupakan sajian yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Butiran embun yang bening dan aroma udara pegunungan yang dingin benar-benar mampu merayu kita untuk singgah di Nongkojajar. Jalanan di kawasan pegunungan yang menikung membentuk huruf S setiap paginya selalu diramaikan oleh petani dan peternak susu sapi yang akan bertandang ke lahan mata pencaharian hidupnya.

Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai Nongkojajar, hanya sekitar 30 menit dari pertigaan Kebun Raya Purwodadi ke arah Gunung Bromo atau berjarak 21 km. Dan itu tidak akan terasa lama, karena sepanjang perjalanan kita akan disuguhi barisan pohon pinus yang tegak menantang langit, susunan terasiring yang tertata rapi di setiap sawah, dan indahnya bunga-bunga dengan aneka warna yang tidak sedikit.Tentu saja itu menjadi sebuah pemandangan yang memanjakan mata kita untuk senantiasa memperhatikannya.

Komoditi yang dihasilkan oleh penduduk Desa Nongkojajar sendiri terbilang cukup melimpah. Itu terlihat dari banyak warga yang membudidayakan buah-buahan seperti apel, salak, durian, buah naga, stroberi, jeruk, juga aneka bunga krisan, dan susu sapi perah, serta kopi.paprika,aneka sayur mayur. Hasil alam tersebut selanjutnya dipasarkan di daerah sekitarnya dan juga dikirim ke luar daerah seperti Malang, Surabaya,Bandung,Jakarta bahkan sampai mencapai ke luar pulau Jawa, seperti di Bali dan Kalimantan.

Bukan menjadi permasalahan ketika ada pertanyaan mengenai tempat singgah bagi para pelancong yang ingin menikmati kekayaan alam Nonkojajar. Homestay atau rumah singgah yang berada dipinggir jalan menjadi jawabannya, letaknya yang berada dipinggir jalan atau mungkin agak masuk ke dalam sedikit itu juga akan memudahkan turis untuk memilih homestay mana yang akan disinggahi. Fasilitas yang diberikan oleh homestay sendiri disesuaikan dengan tarif yang dikenakan kepada petualang wisata. Jadi kocek rupiah yang dirogoh sesuai dengan fasilitas yang didapat.

Berikut pilihan pesona wisata alam yang di berada di wilayah Nongkojajar Kec. Tutur dan sekitarnya:

COBAN WARU

Salah satu keindahan alam yang dimiliki oleh Nongkojajar adalah pesona air terjun yang dikelilingi hamparan alam hijaunya.

Salah satu dari sekian air terjun yang terdapat di daerah nongkojajar adalah air terjun coban waru. Asal nama Waru berasal dari bahasa jawa ” Waru” yang memiliki arti cinta atau hati . Coban Waru sangat cocok dikunjungi jika anda ingin merasakan keasrian dan keelokan alam yang masih perawan disertai dinginnya aliran air terjun dan suara gemericik air yang menambah keindahan air terjun setinggi 75 meter ini.

Dengan curah hujan rata-rata 1.800 mm/th dengan bulan basah antara November sampai Maret dan bulan kering antara bulan April hingga Oktober yang mencapai suhu sekitar 22°C. Air terjun coban waru terletak diantara desa Wonosari dan desa Kayukebek dan dapat diakses dengan jarak tempuh memakan waktu kira-kira satu jam dari pusat desa. Jadi tidak ada salahnya jika anda menyempatkan diri untuk mengunjungi indahnya air terjun coban waru ini

RIVER TUBING
Menyusuri aliran Sungai " Rojo Pasang" dan Sungai " Grontol " - Nongkojajar (dalam waktu 2 jam). Kami akan membawa anda menikmati derasnya arus sungai " Rojo Pasang " dengan bebatuan alami yang akan menyapa anda.

Disamping itu pemandangan alam sekitar sungai yang masih alami...
Biarkan guide yang ada menghantar anda melewati sungai yang tenang bersahabat erta sungai yang menantang dan menggoda adrenalin anda. So, silahkan tentukan pilihan anda saat menghirup udara Nongkojajar...
* Menyenangkan
* Menarik
* Menantang
* Memacu adrenaline anda
* Membuat hidup anda menjadi lebih hidup bersama alam Nongkojajar.
* Warning: Don't Try at Home!

BUKIT FLORA
Bukit Flora merupakan satu lagi wahana wisata pendidikan yang terletak di Desa Tutur Kecamatan Tutur Nongkojajar, Kabupaten Pasuruan yang sekarang ramai di kunjungi oleh para wisatawan domestik yang sebagian besar berasal dari daerah-daerah yang ada di Provinsi Jawa Timurmaupun dari luar provinsi . Umumnya pengunjung yang datang berkunjung selain berasal dari kalangan umum, keluarga, instansi maupun para siswa mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak sampai perguruan tinggi.

Objek wisata bukit flora biasanya ramai di kunjungi pada hari libur. Sarana dan prasarana yang tersedia meliputi : Panduan praktek cara menanam bunga, Macam-macam bunga hias, tempat bermain anak-anak, Outbound panjat tangga ala militer, Outbound Flying Fox, lomba tarik tambang, lomba ketangkasan tendang bola, ketangkasan piring terbang, lomba merayap, titian keseimbangan, titian atas, ketangkasan bermain donat, kolam renang anak, titian kesimbangan tali dan masih banyak lagi yang bisa kita nikmati bersama. Jikalau kita lelah dan ingin beristirahat dan bersantai bersama keluarga di sekitar lokasi di sediakan berbagai makanan. Lokasi Studi Wisata " Bukit Flora " dari Purwodadi dapat ditempuh dengan jarak tempuh hanya kurang lebih 18 kilometer atau 25 menit saja. Kalau anda berminat untuk menikmati keindahan tempat wisata Bukit Flora maka anda bisa langsung menghubungi kontak di (0343) 499580. Buruan, kapan lagi anda dapat menikmati rekreasi sambil belajar mengenal berbagai macam bunga dan bermain dengan alam.

KHRISNA APEL AGRO
Apple wisata agro ini terletak di desa Andonosari, Tutur kecamatan. Ini sekitar 40 km dari kota Pasuruan. Pengunjung dapat bersantai dan pergi di sekitar kebun Apel.

Jika pengunjung ingin memilih beberapa Apel oleh dirinya sendiri dan makan Apel sebanyak yang mereka inginkan, para pengunjung harus membayar biaya pendaftaran pada awalnya. Wisata agro meliputi wilayah sekitar 1100 hektar dan apel yang ditanam terdiri dari Manalagi, Rhomebeauty, Anna dan Wanle.

Para pengunjung bisa membawa keluarga mereka untuk mengunjungi lokasi wisata, karena obyek wisata ini sangat cocok untuk setiap usia. Nikmati pohon Apple dengan buah-buahan dan menikmati Apel segar dalam pariwisata Pasuruan. Apel wisata agro selalu ramai oleh pengunjung, terutama di hari libur. Obyek wisata ini juga dikenal sebagai Khrisna Agro Wisata. Kunjungi di sini dan menikmati liburan Anda dengan memetik Apel.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar