RSS

OTAK TENGAH

Otak tengah atau mesencephalon (dari bahasa Yunani mesos –tengah, dan enkephalos – otak) adalah bagian sistem syaraf pusat yang berasosiasi dengan penglihatan, pendengaran, pengendalian gerakan, tidur/bangun, kesadaran dan pengaturan suhu.
***
Secara anatomis, ia mencakup tektum (atau corpora quadrigemina), termentum, mesocoeli ventrikuler (atau iter), dan pedunkel serebral, dan beberapa nuklei dan fasciculi. Secara kaudal, mesencephalon bergabung dengan pons (metencephalon) dan secara rostral bergabung dengan diencephalon (talamus, hipotalamus, dsb). Otak tengah berada dibawah korteks serebral, dan diatas otak bawah yang terletak di dekat pusat otak.

Perkembangan
Selama fase perkembangan janin, otak tengah muncul dari vesikel kedua tabung syaraf atau vesikel mesencephalon. Berbeda dengan dua vesikel lainnya, prosencephalon dan rhombencephalon, mesencephalon tetap tak terbagi selama perkembangan syaraf selanjutnya. Ia tidak membelah menjadi daerah-daerah otak lainnya, sementara prosencephalon, misalnya, membelah menjadi telencephalon dan diencephalon.

Sepanjang perkembangan janin, sel-sel di dalam otak tengah terus memperbanyak diri dan menekan Akuaduk Sylvius (akuaduk serebral) yang sedang terbentuk. Penghambatan parsial atau total akuaduk serebral selama perkembangan dapat membawa pada hidrosepalus kongenital.

Peran fungsional
Mesencephalon dipandang sebagai bagian batang otak. Substantia nigranya sangat berasosiasi dengan jalur sistem motorik ganglia basal. Mesencephalon manusia berasal usul archipallian, yang berarti arsitektur umumnya juga dimiliki vertebrata paling purba. Dopamin yang diproduksi dalam substantia nigra berperan dalam motivasi dan kebiasaan spesies dari manusia hingga hewan paling dasar seperti serangga.

Corpora quadrigemina
Corpora quadrigemina (badan kuadruplet) adalah empat cuping optik padat di sisi dorsal akuaduk serebral, dimana pasangan superior posterior yang disebut colliculi superior dan pasangan inferior posterior yang disebut colliculi inferior. Keempat cuping optik padat ini membantu memilah beberapa serabut syaraf optik. Walau begitu, sebagian serabut juga menunjukkan penyusunan ipsilateral (yaitu mereka sejajar di sisi yang sama tanpa memilah). Colliculus superior terlibat dalam gerakan mata saccadis; sementara yang inferior adalah titik sinapsis untuk informasi suara. Syaraf troklear datang dari permukaan posterior otak tengah, dibawah colliculus inferior.

Pedunkel serebral

Pedunkel serebral adalah struktur berpasangan,hadir di sisi ventral akuaduk serebral, dan membawa tegmentum pada sisi dorsal dan cresta atau pes pada sisi ventral, serta keduanya mengakomodasi serabut saluran kortikospinal, dari kapsul internal (yaitu saluran naik + turun = saluran longitudinal.) Bagian tengah pedunkel serebral membawa substantia nigra (materi gelap) yang merupakan sejenis nukleus basal. Ia merupakan satu-satunya bagian otak yang membawa pigmen melanin.

Diantara pedunkel terdapat fosa interpeduncular, yang merupakan sistern berisi cairan serebrospinal. Syaraf okulomotor keluar dari antara pedunkel, dan syaraf troklear tampak menyelimuti bagian luar pedunkel. Okulomotor bertanggung jawab untuk konstriksi pupil (parasimpatetik) dan gerakan mata.

Tampilan anatomis penampang lintang menembus otak tengah
Otak tengah biasanya terbagi pada level coliculi superior dan inferior.
  • Potongan melintang transversal pada level coliculus superior menunjukkan nukleus merah, nukleus syaraf okulomotor (dan nukleus Edinger-Westphal), pedunkel serebelar superior atau crus serebri dan substantia nigra.
  • Potongan melintang horizontal pada level coluiculus inferior masih memperlihat substantia nigra. Juga tampak nukleus syaraf troklear, dan pemilahan pedunkel serebelar superior.
  • Kedua bagian akan menunjukkan akuaduk serebral, yang menghubungkan ventrikel ketiga dan keempat dan bahan abu-abu periakuaduktal.
Salah satu mnemonik untuk mengingat struktur otak tengah melibatkan visualiasi penampang lintang mesencephalik sebagai wajah beruang terbalik. Kedua nuklei merah adalah mata beruang dan pedunkel serebelar adalah telinga.

Aktivasi Otak Tengah
Otak tengah telah aktif semenjak lahir. Jika tidak, kita tidak akan dapat memiliki fungsi utama otak tengah seperti melihat, mendengar, mengendalikan gerakan, tidur, bangun dan terjaga serta pengaturan suhu tubuh. Fungsinya juga tidak dapat ditingkatkan kecuali dengan mengorbankan fungsi otak lainnya karena fungsi otak telah mencapai 100% potensi semenjak usia sekitar 5 tahun.


*Sumber: Wikipedia. Midbrain
http://www.faktailmiah.com/2011/04/23/otak-tengah.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar