RSS

URANIUM; Berpotensi Jadi Penyimpan Data

Jenis magnet bermolekul tunggal ini memiliki potensi untuk digunakan dalam menambah kapasitas penyimpanan data beratus bahkan beribu kali lipat dengan tetap menghemat ruang fisik.

“Temuan ini memberikan isyarat akan adanya kemungkinan pemanfaatan uranium sebagai media penyimpanan, yang hingga saat ini belum banyak terkuak,” kata Steve Liddle, seorang pakar kimia dari University of Nottingham.

Liddle menciptakan molekul uranium yang teruji mampu mempertahankan daya magnetisnya di tingkat temperatur yang lebih rendah. "Tantangannya kini ialah bagaimana kita bisa membuat klaster yang lebih besar untuk meningkatkan temperatur penyekatan dan menerapkan temuan ini secara lebih luas.”

Hard disk komputer terbuat dari bahan magnetis yang merekam sinyal-sinyal digital. Semakin kecil ukuran magnet-magnet ini, semakin banyak informasi yang bisa disimpan di dalamnya. Liddle menunjukkan bahwa dengan menghubungkan satu atom uranium dengan molekul toluen, perilaku magnet molekul tunggal terdeteksi.

Temuan ini mungkin masih terlalu dini tetapi magnet molekul tunggal (single molecule magnet) kini menjadi topik pembicaraan hangat karena potensinya untuk bisa digunakan sebagai perombak teknologi penyimpanan data dan mewujudkan teknik-teknik komputasi berperforma tinggi seperti pemrosesan informasi kuantum dan spintronika.


*Sumber: www.ciputraentrepreneurship.com.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar